Monday, March 31, 2008

Kamera Beresolusi Tinggi dan Berlayar Lebar

MELENGKAPI rangkaian kamera digital seri EXILIM, Casio Electronics meluncurkan sebuah kamera digital EXILIM Zoom EX-Z75 dengan berbagai peningkatan kemampuan dan fitur baru.

Anggota terbaru dari keluarga EXILIM ini didukung dengan resolusi sebesar 7,2 megapixel. Ditilik dari bentuk, sekilas tampilan EXILIM Zoom EX-Z75 mengingatkan pada seri pendahulunya, yakni EX-Z70. Seperti desain yang elegan dan bentuk ramping dengan dimensi 95,4 x 60,6 x 19,6 mm. Kelebihan EXILIM Zoom EXZ75 dibandingkan dengan seri terdahulunya tersebut adalah dukungan layar liquid crystal display (LCD) berukuran 2,6 inci beresolusi 114.960 pixel.

Perlu diketahui, layar pada EXILIM Zoom EX-270 hanya berukuran 2,5 inci. Selain tampilannya yang sederhana dan bergaya, kamera digital dengan bobot 122 gram ini dilengkapi resolusi sebesar 7,2 megapixel dan tiga kali pembesaran optik. EXILIM Zoom EX-Z75 ditanamkan lensa dengan panjang 38–114 mm (35 mm equiv) untuk menghasilkan foto yang berkualitas dari jarak jauh.

Sementara untuk jarak fokus, pengguna dapat menggunakan setting auto focus (AF) dengan jarak 40 cm hingga tidak terbatas, kemudian setting macrodengan jarak 10–50 cm, dan yang terakhir setting manual dengan jarak 10 cm hingga tidak terbatas. Ada tujuh pilihan resolusi untuk hasil foto,mulai dari 3.072 x 2.304 pixel hingga 640 x 480 pixel sehingga pengguna dapat menghemat kapasitas memori.

Seperti halnya kamera digital lain,EXILIM Zoom EX-Z75 juga dilengkapi dengan fitur movie clip.Untuk fitur ini,pengguna dapat memilih tiga resolusi,yakni 640 x 480 pixel,512 x 384 pixel,dan 320 x 240 pixel. Hasil dari foto dan movie clip tersebut dapat disimpan dengan format JPEG Exif v2.2,DCF,DPOF,Motion JPEG,dan AVI. Kamera digital buatan Casio ini dapat menampilkan informasi di sisi kanan layar yang terpisah dari subjek pada layar ketika merekam objek.

Tampilan informasi ini membantu pengguna mengubah setting melalui tampilan informasi ketika merekam objek. Informasi tersebut salah satunya adalah menu Easy Mode yang digunakan untuk menyederhanakan setting kamera seperti flash, self-timer, dan ukuran gambar menjadi satu kesatuan dan ditampilkan pada sisi kanan monitor.Hal tersebut bertujuan untuk membantu pengguna mengoperasikan kamera dengan lebih mudah. Untuk fitur self-timer sendiri, pengguna EXILIM Zoom EX-Z75 dapat men-set waktu 10 atau dua detik, bahkan triple (tiga kali) self-timer.

Selain itu, EXILIM Zoom EX-Z75 juga dilengkapi dengan fitur standar seperti Auto Flash, On, Off, Soft Flash, dan Red Eye Reduction. Keunggulan lain dari EXILIM Zoom EX-Z75 adalah penambahan fitur Anti-Shake digital signal processors (DSP). Fungsi fitur ini untuk mengurangi gambar kabur yang diakibatkan tangan fotografer yang bergetar atau objek yang bergerak. Kamera digital yang dikategorikan ke dalam jenis kamera compact ini baru tersedia di pasar pada Maret dengan harga ritel sekitar USD229,99. Pengguna dapat memilih EXILIM Zoom EX-Z75 dengan pilihan warna-warni cerah seperti merah muda,biru,hingga warna elegan hitam dan perak. EXILIM Zoom EX-Z75 menggunakan baterai jenis Lithium-ion yang dapat di-charge ulang. Baterai ini sudah termasuk satu paket dengan kamera digital. Selain baterai, kamera digital terbaru dari Casio ini juga dilengkapi kapasitas memori built-in sebesar 8 MB dan tambahan slot kartu memori yang kompatibel dengan berbagai jenis kartu memori, seperti SDHC, SD, MMC, dan MMC.(maya sofia)

0 komentar: